Kenali 5 Jenis Menu Nasi Tumpeng Ini Sebelum Memesan

Menu Nasi Tumpeng – siapa sih yang tidak mengetahui menu nasi tumpeng? Selain khas Indonesia, nasi tumpeng ini memang selalu cocok disajikan di berbagai jenis acara. Mulai dari acara pesta hingga acara-acara yang penuh khidmat.

Berbicara mengenai menu nasi tumpeng. Mengulik kepada sejarah, nasi tumpeng sendiri memang sudah ada dari tradisi masa purba masyarakat Indonesia, seperti yang dikutip dari website Antalogi. Menu nasi tumpeng dan lauknya memiliki makna tersendiri.

Nasi tumpeng merupakan singkatan dari bahasa Jawa yaitu yen metu kudu mempeng atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya merupakan “ketika keluar harus sungguh-sungguh semangat”. Makna dari tumpeng sendiri memang sangat kuat. Manusia ketika lahir dituntut untuk menjalani hidup dengan rasa semangat dan sungguh-sungguh.

Tapi, tahukah kamu? Jumlah menu lauk pada nasi tumpeng juga memiliki sebuah makna. Jika kamu belum mengetahuinya, jumlah lauk yang disajikan bersamaan dengan nasi tumpeng ada tujuh. Angka tujuh itu sendiri memiliki arti “pitu” dalam bahasa jawa yang bermakna “pitulung” atau diartikan pertolongan.

Menu Nasi Tumpeng Pada Umumnya

Ketika kamu memesan menu nasi tumpeng, kamu pasti akan bertemu dengan lauk-lauk seperti telur dadar, ayam, urap, dan lain-lain. Walaupun pada umumnya lauk pauk pada nasi tumpeng berjumlah tujuh, tapi ada beberapa yang menambahkan menu lauk menjadi sembilan.

Sebelum kamu memesan nasi tumpeng, cari tahu terlebih dahulu apa saja sih jenis-jenis nasi tumpeng?

Jenis-Jenis Nasi Tumpeng

Sudah tahu jenis-jenis menu nasi tumpeng? Menu nasi tumpeng biasanya dikelompokkan menjadi nasi tumpeng tradisional dan nasi tumpeng modern. Kamu bisa memilih jenis nasi tumpeng sesuai dengan jenis acara yang kamu selenggarakan.

1. Nasi Tumpeng Jakarta

Menu nasi tumpeng Jakarta ini merupakan jenis nasi tumpeng modern. Memang pada dasarnya nasi tumpeng pada setiap daerah memiliki khas tersendiri. Biasanya yang membedakan adalah lauk pauk yang disajikan.

Pada menu nasi tumpeng khas Jakarta, lauk pauk yang ditambahkan adalah gepuk daging sapi, orek tempe. perkedel kentang, olahan ayam, dan berbagai jenis sambal.

2. Nasi Tumpeng Kendhit

Sebenarnya, menu nasi tumpeng Kendhit ini tidak berbeda jauh dari menu nasi tumpeng lainnya. Hanya saja penyajiannya digunakan untuk mengungkap rasa syukur kepada Tuhan karena suatu permasalahan telah berlalu dan selesai.

Lalu apa perbedaan lainnya? Nasi tumpeng kendhit diolah dengan nasi putih dan memiliki ciri khas warna kuning yang ada di bagian tengah gunung. Warna kuning berasal dari kunyit yang dibentuk dengan melilit nasi tumpeng yang merepresentasikan sebuah masalah atau halangan.

Ada masalah ada juga solusi. Pada menu nasi tumpeng kendhit, solusi dilambangkan dengan lauk pauk yang melengkapi sajian. Lauk pauk berupa capcay, acar, telur ceplok, kerupuk udang, semur daging, sambal goreng daging, rempeyek, dan kerupuk udang.

3. Nasi Tumpeng Megana

Menu nasi tumpeng megana disajikan ketika sebuah keluarga merayakan kelahiran bayi mereka. Nasi tumpeng ini dilambangkan agar sang bayi memiliki harapan agar menjadi pribadi yang tumbuh dan berkembang baik.

Lambang nasi tumpeng megana adalah kesucian. Berbahan dasar nasi putih yang berarti bersih dan suci, ditambah dengan sayuran-sayuran hijau.

4. Nasi Tumpeng Robyong

Pada umumnya, menu nasi tumpeng satu ini disajikan sebagai ritual masyarakat yang meminta suatu permohonan. Seperti, meminta turun hujan atau mengusir penyakit.

Selain itu, nasi tumpeng robyong juga ditandai sebagai perayaan hari panen bagi para petani.

Menu lauk yang dipilih cukup unik. Terdapat ayam utuh, bawang merah yang ditusuk dengan bambu, dan cabai merah di atas tumpeng yang menjulang tinggi.

5. Nasi Tumpeng Punar

Untuk kamu yang sedang merencanakan acara peresmian atau ulang tahun, kamu bisa memilih jenis menu nasi tumpeng punar. Nasi tumpeng punar melambangkan rasa kebahagiaan bagi sang pemilik acara.

Nasi yang digunakan merupakan nasi kuning. Warna kuning juga melambangkan rasa keceriaan. Menu lauk yang dipilih adalah tempe orek kering, abon, kacang, perkedel, kedelai goreng, dan tambahan lauk lainnya.

Menu nasi tumpeng punar ini biasanya paling sering dipilih oleh para konsumen.

Setelah membaca penjelasan di atas, sebaiknya kamu tentukan terlebih dahulu tujuanan tema acara yang kamu adakan, agar nantinya kamu tidak salah dalam memilih menu nasi tumpeng. Selamat memilih.